Mainan
edukatif interaktif yang bayak beredar saat ini sebagian besar sudah mengarah ke mainan yang bernuansa modern dan sarat teknologi tinggi
seperti game Komputer, Walky-talky, robot, alat musik, dan lain-lain. Contoh
game
interaktif yang diperuntukkan bagi anak perempuan, yang mengajarkan
segala
aspek kewanitaan seperti cara bersolek atau berdandan, cara memasak,
cara
merawat bayi, cara merawat hewan piaraan kesayangan dan lain-lain, yang
kesemuanya bisa dilakukan secara interaktif dan menarik.
Dari
sisi anak-anak yang menggunakan mainan tersebut juga tampak senang
dan tidak merasa terbebani dan atau bahkan sebaliknya merasa tertantang. Sebagian dari mereka bahkan sudah bisa membuat game interaktif sendiri
dan di-share dengan anak-anak usia sebayanya via internet.
Kondisi seperti ini dapat membuat perubahan besar pada diri anak-anak
terutama menyongsong era teknologi modern di masa dewasanya nanti, dimana
mereka mampu beradaptasi dengan IPTEK, barang-barang atau alat-alat rumahtangga
berteknologi modern, serta memberi nuansa tersendiri dalam upaya pengembangan
industri kreatif (karena setiap generasi mempunyai persoalan dan tantangan tersendiri).
Di sisi lain ada pemberitaan yang membuat kita prihatin yaitu sebagian
Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di negara maju yang mengalami kesulitan
beradaptasi dengan peralatan rumahtangga yang lebih modern; Aparat Pemerintah
yang belum siap beradaptasi dengan teknologi informasi, menyebabkan pelayanan
kepada masyarakat tidak optimal.
Melalui tulisan ini penutis ingin memberikan pandangan dan sambutan positif
terhadap perkembangan teknologi, khususnya Arduino dalam upaya pengembangan
kreatifitas dan menyongsong tumbuhnya industri kreatif, yang pada akhirnya
nanti bisa memberikan manfaat positif bagi peningkatan kesejahteraan manusia.
Mengapa Arduino? Karena Arduino dirancang secara sederhana, opensource, biaya
relatif murah akan tetapi bisa menghasilkan ribuan kreatifitas dan didukung beberapa
toko robotik online yang menyediakan bahan dan peralatan, serta artikel-artikel popoler menarik yang dibutuhkan untuk
pengembangan kreatifitas dengan harga relatif terjangkau.
Belajar Arduino tidak boleh berhenti hanya pada mempelajari teori-teori
arduino dan mempraktekkan proyek-proyek yang sudah ada di buku, akan tetapi
harus bisa menghasilkan produk inovatif yang bisa memberi manfaat bagi
pengembangan kecerdasan anak-anak dan menciptakan produk-produk kebutuhan
sehari-hari yang bisa mempermudah melakukan segala aktifitas kehidupan
positif.
Objek berwarna yang dapat dipegang
oleh capit robot, dan Cawan berwarna sebagai penampung Objek. Yang jelas, untuk ukuran Objek berwarna harus
sesuai dengan kapasitas capit robot baik besar maupun beratnya. Demikian pula
untuk Cawan berwarna penampung Objek, ukurannya harus bisa menampung beberapa
Objek. Bangun Robot selengkapnya dapat dilihat pada Gambar berikut
Robot Penyortir Warna (tampak depan)
Robot Penyortir Warna (tampak atas)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar